Jumat, 04 Juli 2014

Tahapan Sintesis Protein Secara Rinci

Sintesis Protein

Sintesis protein merupakan proses pembuatan protein yang dilakukan oleh DNA, RNAt, RNAd, ribosom, dan asam amino. Proses pembentukan protein sendiri melalui tahapan sintesis protein di bagi menjadi dua tahapan utama yaitu proses transkripsi/penyalinan informasi genetik dari DNA ke RNAd dan proses translasi penterjemahan kode genetika dari RNAd di ribosom. Translasi sendiri nantinya akan dibahai menjadi 3 tahapan penting yaitu inisiasi, elongasi, dan terminasi. Langsung saja kita bahas satu persatu tahapan-tahapannya dalam sintesis protein



1. Transkripsi

Transkripsi merupakan tahapan awal dalam sintesis protein. Transkripsi merupakan proses pembentukan RNAd(RNA duta) oleh pita sense DNA. Di DNA pita yang digunakan untuk proses transkripsi dinamakan dengan pita sense, sedangkan pita yang tidak digunakan untuk proses sintesis protein dinamakan pita antisense.
transkripsi
Transkripsi
Sintesis protein diawali dengan menempelnya RNA polymerase pada promotor yang merupakan titik pada DNA yang digunakan untuk memulai proses transkripsi. Berbeda dengan proses replikasi DNA yang mencetak DNA baru dari keseluruhan untai DNA, proses transkripsi hanya mencetak RNAd dari bagian tertentu saja dari DNA yang memang dibutuhkan untuk proses sintesis protein yang dimulai dari promotor tadi.
Baca selengkapnya »

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tahapan Sintesis Protein Secara Rinci

0 komentar:

Posting Komentar