Sabtu, 05 Mei 2018

Proses Fertilisasi / Pembuahan Sel Ovum Oleh Sel Sperma

Fertilisasi adalah proses peleburan antara sel telur dengan spermatozoa. Ketika sel telur dilepaskan dari folikel di dalam ovarium, maka sel telur akan menuju ke tuba fallopi (saluran oviduk).

Apabila pada keadaan tersebut terjadi hubungan seksual, maka spermatozoa akan dapat membuahi ovum dalam saluran tuba fallopi tersebut. Spermatozoa akan bergerak dengan bantuan bagian ekornya. Pergerakan tersebut dapat mencapai 12 cm per jam di sepanjang tuba fallopi (saluran ovi- duk).

Proses Fertilisasi / Pembuahan Sel Sperma dengan Sel Ovum
Proses Fertilisasi / Pembuahan Sel Sperma dengan Sel Ovum
Pergerakan spermatozoa dibantu juga oleh pergerakan dinding rahim dan dinding tuba falopi. Mulut rahim juga mengeluarkan cairan atau lendir encer agar spermatozoa dapat berenang dengan lancar dalam rahim menuju saluran telur untuk menemui dan membuahi sel telur. Kejadian ini dapat digambarkan seperti seseorang yang berenang di sungai yang searah dengan arus sungai itu, sehingga perenang akan lebih cepat tiba di tempat tujuan. Di depan sudah dijelaskan bahwa prostaglandin yang terdapat di dalam semen dapat merangsang pergerakan dinding rahim.

Baca selengkapnya »

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Proses Fertilisasi / Pembuahan Sel Ovum Oleh Sel Sperma

0 komentar:

Posting Komentar