Senin, 21 Mei 2018

Struktur Akar Primer pada Tumbuhan

Akar merupakan organ pada tumbuhan yang berkembang dari meristem apikal di ujung akar yang dilindungi kaliptra (tudung akar). Tudung akar berasal dari meristem apikal dan terdiri dari sel-sel parenkim. Tudung akar berfungsi sebagai pelindung.

Akar merupakan organ pada tumbuhan yang memiliki struktur luar yang meliputi : tudung akar, batang akar, cabang akar (pada dikotil), dan bulu akar. Secara anatomi akar terdiri dari empat bagian, epidermis, korteks, endodermis, dan stele.

Di luar itu ada lapisan piliferous yaitu epidermis yang berada pada daerah bulu akar. Meristem apikal selalu membelah diri menghasilkan sel-sel baru. sel-sel baru terbentuk pada bagian tudung akar atau bagian dalam meristem apikal.

Struktur Akar Primer pada Tumbuhan
Struktur Akar Primer pada Tumbuhan
Pembelahan meristem apikal membentuk daerah pemanjangan atau Zona perpanjangan sel. Di belakangnya terdapat Zona differensiasi sel dan zona pendewasaan sel. Pada zona differensiasi sel, sel-sel akar berkembangmenjaadi beberapa sel permanen, misalnya beberapa sel terdifferensiasi menjadi xilem, floem, parenkim, dan sklerenkim.
Baca selengkapnya »

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Struktur Akar Primer pada Tumbuhan

0 komentar:

Posting Komentar